Halaman Depan Info Harga Info Herbal Lain

Kandungan, Karakteristik dan Manfaat Bawang Bombai


Bawang sebagai salah satu bumbu masakan tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Terlebih bagi orang Indonesia, setiap masakan pasti disertai dengan bumbu yang satu ini. Bentuknya bulat dan berlapis-lapis. Bawang memang bisa sangat bersahabat dengan berbagai jenis hidangan.

Bawang bombai sebagai salah satu jenis bawang selain bawang merah dan bawang putih, memang memiliki karakter yang berbeda dibanding jenis bawang yang lainnya.

Karaktreristik Bawang Bombai

Bawang bombai yang sama bentuknya yakni bulat dan berlapis-lapis, ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jenis bawang yang lain. Jika dikupas, warnanya putih kekuning-kuningan. Disebut bawang bombai karena awalnya jenis bawang yang satu ini ditemukan di dataran India, tepatnya di daerah Bombai.

Bawang bombai memiliki fungsi yang lebih unggul dibanding bawang merah dan bawang putih. Jika dalam setiap masakan kita selalu menggunakan dua jenis bawang yakni bawang merah dan putih sekaligus, lain halnya dengan bawang bombai. Bawang bombai memiliki fungsi dapat mengganti bawang merah dan bawang putih. Itu sebabnya kita temui di masakan Jepang yang kita kenal dengan yakiniku atau teriyaki, hanya menggunakan bawang bombai.

Manfaat Bawang Bombai

Bawang, apa pun jenisnya, baik itu bawang bombai, bawang merah atau bawang putih bukan hanya memiliki fungsi sebagai bumbu masakan semata. Bukan hanya memberi gurih pada masakan saja. Lebih dari itu, bawang memiliki fungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Bawang bombai sendiri memiliki fungsi sebagai penyehat. Bawang bombai mempunyai khasiat sebagai pencegah kanker, tumor, penurun kadar lemak dalam darah, pencegah penggumpalan darah, menurunkan tekanan darah, juga dapat mencegah leukemia, dan menyembuhkan asma.

Kandungan Bawang Bombai

Kandungan allicin, asam amino, kalsium, mangan, sodium, sulfur, vitamin C, vitamin E, minyak atsiri, quercitin, dan curcumin banyak terdapat dalam tumbuhan dua musim ini. Itu sebabnya bawang bombai memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bawang bombai memiliki senyawa APDS yang memiliki fungsi menurunkan gula darah sehingga dapat menjadi teman dan penolong bagi penderita diabetes mellitus. Bawang bombai pun memiliki khasiat mencegah osteoporosis, menghentikan pilek dan sakit perut, memperbaiki penyempitan pembuluh darah juga hipertensi, sebagai pencegah pemecahan insulin di hati, dan dapat merangsang produksi insulin di pankreas.

Bawang bombai, tak sekadar bumbu penyedap masakan saja. Kandungan berbagai zat di dalamnya memiliki khasiat ampuh menangani dan mencegah berbagai penyakit ganas.

Itu sebabnya jangan sungkan dan khawatir lagi mengkonsumsi bawang bombai. Tak perlu riskan dengan pendapat yang menyatakan bahwa mengkonsumsi bawang dapat menyebabkan bau badan. Sesungguhnya menghindari konsumsi bawanglah yang dapat menyebabkan penyakit.



Source: http://mahkotadewa.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar