Halaman Depan Info Harga Info Herbal Lain


Manfaat Kulit Manggis


Manggis merupakan buah yang sangat istimewa karena dari buah hingga kulitnya mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi dunia kesehatan. Mungkin selama ini kita dalam mengkonsumsi manggis hanya daging buahnya saja lalu kulitnya kita buang karena memang rasanya tidak enak, namun taukah anda beberapa penelitian penyakit kanker menyebutkan bahwa kulit manggis ini mengandung zat antioksidan yang paling tinggi dibanding dengan buah dan kulit buah lainnya, dimana hal tersebut sangat cocok untuk melawan kanker dan radikal bebas dalam tubuh. Sama halnya dengan buahnya kulit manggis juga mengandung zat xanthone namun kapasitasnya lebih banyak pada kulitnya. Ingin tahu lebih jelas tentang kegunaan dari kulit manggis ini? Yuk kita intip bersama apa saja yang menjadi manfaat

Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah yang mempunyai julukan “sang ratu buah” ini yang saya rangkum dari berbagai sumber yang ada di internet :

1. Anti Kanker

Sama seperti buahnya karena mengandung zat xanthone yang lebih banyak, maka tidak heran jika buah manggis ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan tradisional untuk melawan penyakit kanker.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Buah manggis ini juga dapat membantu menjaga kesehatan otak kita dari berbagai penyakit yang menimbulkan penurunan fungsi otak seperti demensia dan alzhiemer, selain itu juga menjaga otak dari kerusakan syaraf dan memperbaiki memori otak yang rusak.

3. Menghambat Penuaan

Ingin lebih awet muda, cobalah konsumsi ekstrak kulit manggis hal ini dipercaya dapat menghambat penuaan karena zat xanthone dalam kulit manggis dapat memperbaiki dan mengganti sel-sel jaringan tubuh yang rusak.Beberapa gejala penuaan yang bisa dihambat seperti penuaan pada kulit, osteoporosis, menopause pada wanita dan lain-lain.

4. Mengatasi Stress

Stress biasanya menyebabkan produksi hormon kirtosol semakin banyak sehingga efeknya kita menjadi semakin stress dan depresi berat, namun buha manggis ini dapat membantu anda menyeimbangkan kadar hormon kirtosol tersebut sehingga dengan kata lain stress kita akan semakin hilang dan meningkatkan mood seseorang.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Zat antioksidan yang dikandung oleh kulit manggis ini membantu menetralkan asam lambung sehingga metabolisme pencernaan tetap lancar, selain itu zat anti mikroba dari kulit manggis membantu tubuh untuk melawan bakteri dan kuman berbahaya yang ada dalam sistem pencernaan kita.

6.Meningkatkan Sistem Imun

Seperti yang kita ketahui kulit manggis mengandung zat antioksidan dan anti mikroba, dimana kedua zat tersebut memebantu memperkuat sitem imun dan daya tahan tubuh serta kekebalan tubuh terhadap penyakit.

7. Memperbaiki Vitalitas Seksual pada pria

Ternyata kulit manggis juga membantu dalam kesehatan vitalitas pria diantaranya dapat memperbaiki kualitas sperma,mencegah pembesaran prostat dan mencegah kemandulan pada pria.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kulit manggis ini juga dapat membantu memepercepat penyembuhan luka seperti karena terjadi pendarahan yang berat.


Cara Mengolah Kulit Manggis

Nah yang jadi pertanyaan sekarang bagaimana cara mengkonsumsi kulit manggis ini, gak mungkin kan kalo kita langsung mengkonsumsinya bulat-bulat.Jika anda ingin instants anda bisa langsung beli ekstrak kuli manggis yang sudah jadi di agen-agen penjualnya. Namun jika ingin mengolah sendiri anda bisa mencoba tips untuk mengolah kulit manggis ini :

- Ambil kulit manggis yang sudah dibersihkan bagian luarnya lalu cuci hingga bersih

- Rebus dengan 4 gelas air putih

- Tunggu hingga kira air rebusan tinggal 2 gelas saja

- Saringlah air sisa tersebut agar terpisah dari serah kulitnya yang keras

- Minumlah air ekstrak kulit manggis tesebut

Itulah mungkin yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini tentang manfaat kulit manggis, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.



Source: http://mahkotadewa.net/

1 komentar:

Silahkan komentar