Halaman Depan Info Harga Info Herbal Lain

Menjaga Kesehatan dengan Bawang Bombay


Menjaga Kesehatan dengan Bawang Bombay
Bawang Bombay adalah sayuran dari genus Allium, satu famili dengan bawang merah, bawang putih dan bawang perai. Bawang ini berbentuk bulat dan berukuran sekepalan orang dewasa. Bawang bombay lebih dikenal sebagai sayur daripada sebagai rempah atau sebagai penyedap masakan. Bawang bombay biasa di masak, dipanggang, digoreng, dipanggang, bahkan dimakan mentah. Bawang bombay seringkali ditambahkan sebagai penambah citarasa dan penambah penampilan hidangan. Seperti juga jenis bawang lainnya, bawang bombay kaya akan nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat bawang bombay bagi kesehatan.

Manfaat bawang Bombay bersumber dari senyawa yang terkandung di dalamnya. Zat tersebut antara lain vitamin C, sodium, kalsium, asam amino, allicin, mangan, minyak atsiri, vitamin E, curcumin dan masih banyak lagi lainnya. Sederet senyawa ini kemudian menjadikan bawang Bombay berkhasiat dalam menyembuhkan sejumlah penyakit, antara lain:
  1. Konsumsi bawang Bombay akan menjauhkan Anda dari penyakit kardiovaskuler sebab ia mampu meningkatkan kadar kolesteril baik di dalam tubuh yakni HDL. Selain itu, bawang Bombay juga dikenal ampuh dalah memperbaiki keluhan penyempitan pembuluh darah manusia. Dengan demikian, kecenderungan terkena penyakit semacam hipertensi bisa direduksi.
  2. Manfaat bawang Bombay lainnya adalah untuk mencegah terjadinya pemecahan insulin pada organ hati. Selain itu, senyawa APDS (Allyl Propyl Disulphide) di dalam bawang Bombay membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak insulin. Hal ini tentu merupakan kabar yang baik bagi mereka yang menderita diabetes.
  3. Konsumsi bawang Bombay mentah secara rutin akan menurunkan potensi terkena kanker perut. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang diperoleh National Center Institute – USA. Selain itu, bawang Bombay juga diketahui bisa menekan potensi terkena osteoporosis.
  4. Melindungi dari serangan alergi. Manfaat bawang Bombay ini terkait dengan kandungan senyawa quercetin di dalamnya. Senyawa ini memiliki sifat anti radang juga anti terhadap alergi.
  5. Konsumsi bawang Bombay secara teratur akan membantu mejaga kesehatan otak. Hal ini terkait dengan kandungan vitamin B kompleks yang ada di dalamnya mampu menutrisi otak sehingga fungsinya terjaga dengan baik.
  6. Manfaat bawang Bombay selanjutnya adalah untuk melawan kanker. Hal ini disebabkan kandungan senyawa sulfide pada bawang Bombay bisa melindungi tubuh Anda dari sel kanker atau tumor.




Source: http://mahkotadewa.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan komentar