Halaman Depan Info Harga Info Herbal Lain

Khasiat Benalu Teh

Benalu atau kemladeyan lebih dikenal oleh masyarakat sebagai tumbuhan perusak tanaman perkebunan (Benalu Teh). Tanaman yang hidup pada tumbuhan berkayu ini dapat mematikan inang yang ditumpanginya.

Sebagai tumbuhan parasit, benalu hidup dengan mengambil nutrisi dasar yang dimiliki oleh inang untuk selanjutnya diolah menjadi makanan dan energi guna kepentingan tumbuh benalu tersebut. Karena benalu mengambil nutrisi dasar dari inang, maka sebagian kandungan senyawa yang terdapat di dalam benalu menyerupai inang tersebut.

Di balik daya perusak benalu, ternyata terdapat berbagai manfaat yang luar biasa. Di dalam dunia pengobatan, khususnya kanker, tumbuhan yang sebagian besar penyebarannya dibantu oleh burung ini sudah tidak asing lagi.

Salah satu jenis benalu yang cukup dikenal oleh masyarakat adalah benalu teh. Benalu teh tidak diragukan lagi manfaatnya sebagai tumbuhan yang berkhasiat anti kanker. Bahkan harganya pun sudah melambung tinggi. Terdapat lebih dari satu spesies benalu teh. Antara lain Macrosolen Cochincinensis dan Scurrula Atropurpurea.

Khasiat benalu diduga berasal dari khasiat senyawa inang yang diisap oleh benalu. Seperti contohnya benalu teh yang berkhasiat anti kanker, khasiat tersebut diduga diperoleh dari senyawa flavon yang terdapat pada tanaman teh. Sehingga semula benalu yang tumbuh pada tanaman lain seperti benalu randu, benalu waru, dan lain sebagainya dianggap kurang berguna.

Benalu teh terbukti secara in vitro dapat menghambat tumor crown gall dan penelitian deteksi aktivitas asparaginase dalam benalu teh dapat menghidrolisa asparagin. Asparaginase adalah enzim katalisator yang berperan menghidrolisa asparagin menjadi asam aspartat dan amonia. Dengan demikian sel kanker kekurangan asparagin yang berakibat kematian sel.

Apa sebenarnya rahasia benalu teh, sehingga banyak dimanfaatkan orang sebagai obat beragam penyakit?

Menurut Richter dalam Phytochemistry No. 31 (1992), benalu Loranthaceae dan Viscaceae mengandung banyak flavonoid, seperti chalcones, flavanones, c-glycoflavonols dan flavan-3-ols. Flavonoid sendiri berfungsi sebagai pelindung si benalu dari kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh sinar ultraviolet dan bertanggung jawab pada warna bunga, buah, dan daun.
Dalam ilmu farmasi, flavaoid dikenal sebagai senyawa antiradang, antioksidan, pereda sakit (analgesik), antivirus, anti-HIV, mencegah keracunan hati, antikelebihan lemak, merangsang kekebalan tubuh, sebagai vasodilator (memperlancar aliran darah), mencegah penggumpalan darah, antialergi, dan antikanker.

Keberadaan flavanoid itu didukung oleh zat-zat lain yang juga terdapat pada benalu, seperti proline, hydroproline, myo-inositol, dan chiroinosotils. Sementara benalu famili Loranthaceae diyakini banyak mengandung tanin. Senyawa ini terdapat pada tanaman benalu, berkat hasil kerja sama asam gallic dengan catechin, yang menyebabkan padatnya kadar tanin pada daun dan tangkai batang. Dalam ilmu farmasi, tanin kerap digunakan sebagai obat diare, penawar racun, antivirus, antikanker, dan anti-HIV.

Berikut beberapa khasiat benalu teh, antara lain:
  • Membantu mengobati berbagai penyakit kanker atau tumor (kanker rahim, kanker payudara, kanker usus, kista).
  • Membantu mengobati penyakit batu ginjal, gondok.
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.
  • Membantu menurunkan darah tinggi, sakit pinggang, rheumatic, encok, dll.
  • Menghaluskan kulit muka dan menjadikan awet muda.


Source: http://mahkotadewa.net/

Manfaat Kulit Manggis

Manggis merupakan buah yang sangat istimewa karena dari buah hingga kulitnya mempunyai manfaat yang sangat luar biasa bagi dunia kesehatan. Mungkin selama ini kita dalam mengkonsumsi manggis hanya daging buahnya saja lalu kulitnya kita buang karena memang rasanya tidak enak, namun taukah anda beberapa penelitian penyakit kanker menyebutkan bahwa kulit manggis ini mengandung zat antioksidan yang paling tinggi dibanding dengan buah dan kulit buah lainnya, dimana hal tersebut sangat cocok untuk melawan kanker dan radikal bebas dalam tubuh. Sama halnya dengan buahnya kulit manggis juga mengandung zat xanthone namun kapasitasnya lebih banyak pada kulitnya. Ingin tahu lebih jelas tentang kegunaan dari kulit manggis ini? Yuk kita intip bersama apa saja yang menjadi manfaat

Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah yang mempunyai julukan “sang ratu buah” ini yang saya rangkum dari berbagai sumber yang ada di internet :

1. Anti Kanker

Sama seperti buahnya karena mengandung zat xanthone yang lebih banyak, maka tidak heran jika buah manggis ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan tradisional untuk melawan penyakit kanker.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Buah manggis ini juga dapat membantu menjaga kesehatan otak kita dari berbagai penyakit yang menimbulkan penurunan fungsi otak seperti demensia dan alzhiemer, selain itu juga menjaga otak dari kerusakan syaraf dan memperbaiki memori otak yang rusak.

3. Menghambat Penuaan

Ingin lebih awet muda, cobalah konsumsi ekstrak kulit manggis hal ini dipercaya dapat menghambat penuaan karena zat xanthone dalam kulit manggis dapat memperbaiki dan mengganti sel-sel jaringan tubuh yang rusak.Beberapa gejala penuaan yang bisa dihambat seperti penuaan pada kulit, osteoporosis, menopause pada wanita dan lain-lain.

4. Mengatasi Stress

Stress biasanya menyebabkan produksi hormon kirtosol semakin banyak sehingga efeknya kita menjadi semakin stress dan depresi berat, namun buha manggis ini dapat membantu anda menyeimbangkan kadar hormon kirtosol tersebut sehingga dengan kata lain stress kita akan semakin hilang dan meningkatkan mood seseorang.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Zat antioksidan yang dikandung oleh kulit manggis ini membantu menetralkan asam lambung sehingga metabolisme pencernaan tetap lancar, selain itu zat anti mikroba dari kulit manggis membantu tubuh untuk melawan bakteri dan kuman berbahaya yang ada dalam sistem pencernaan kita.

6.Meningkatkan Sistem Imun

Seperti yang kita ketahui kulit manggis mengandung zat antioksidan dan anti mikroba, dimana kedua zat tersebut memebantu memperkuat sitem imun dan daya tahan tubuh serta kekebalan tubuh terhadap penyakit.

7. Memperbaiki Vitalitas Seksual pada pria

Ternyata kulit manggis juga membantu dalam kesehatan vitalitas pria diantaranya dapat memperbaiki kualitas sperma,mencegah pembesaran prostat dan mencegah kemandulan pada pria.

8. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kulit manggis ini juga dapat membantu memepercepat penyembuhan luka seperti karena terjadi pendarahan yang berat.


Cara Mengolah Kulit Manggis

Nah yang jadi pertanyaan sekarang bagaimana cara mengkonsumsi kulit manggis ini, gak mungkin kan kalo kita langsung mengkonsumsinya bulat-bulat.Jika anda ingin instants anda bisa langsung beli ekstrak kuli manggis yang sudah jadi di agen-agen penjualnya. Namun jika ingin mengolah sendiri anda bisa mencoba tips untuk mengolah kulit manggis ini :

- Ambil kulit manggis yang sudah dibersihkan bagian luarnya lalu cuci hingga bersih

- Rebus dengan 4 gelas air putih

- Tunggu hingga kira air rebusan tinggal 2 gelas saja

- Saringlah air sisa tersebut agar terpisah dari serah kulitnya yang keras

- Minumlah air ekstrak kulit manggis tesebut

Itulah mungkin yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini tentang manfaat kulit manggis, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Source: http://mahkotadewa.net/

Khasiat Bawang Sabrang, Bawang Dayak, Bawang Arab

Khasiat Bawang Sabrang, Bawang Dayak, Bawang ArabEleutherine americana merr atau lebih dikenal bawang sabrang adalah tanaman herbal setinggi 30–40cm yang berasal dari Kalimantan. Nama sabrang sendiri muncul dari pendapat orang di luar Kalimantan. Mereka harus menyebrang (sabrang) hingga ke Kalimantan untuk mendapatkan bawang obat ini. Ada pula yang menyebutnya bawang arab dan bawang berlian.

Tempat Tumbuh dan Ciri-Ciri Bawang Sabrang

Bawang ini banyak terdapat pada lahan yang kaya akan belerang pada ketinggian 600–2000 meter dari permukaan laut. Bentuk dan warnanya mirip seperti bawang merah lanang, berwarna merah dengan tubuh agak memanjang. Daunnya menyerupai pita sepanjang 15–20cm dengan lebar 3– 5cm.

Tulang daun yang sejajar mirip seperti tumbuhan palem. Bunganya putih dan tumbuh di ujung batang dengan daun mahkota sebanyak 4 buah serta kelopak sebayak 2 buah berwarna hijau kekuningan.

Manfaat Bawang Sabrang

Tanaman ini banyak dimanfaatkan bukan sebagai bumbu masakan, melainkan sebagai obat. Kandungan senyawa yang dimilikinya, seperti polifenol, flavonoid, tannin, glikosida, alkaloid, saponin, tri terpenoid, steroid, dan fenolik, sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat.

Industri dan perdagangan obat di seluruh Indonesia tidak henti-hentinya memproduksi dan memasarkan obat dan suplemen yang berasal dari bawang sabrang.

Penyakit yang Dapat Diobati

Penyakit-penyakit yang dapat dibantu penyembuhannya menggunakan bawang hasil pertanian di daerah Kalimantan ini adalah sebagai berikut.
  • Sakit kuning
  • Asma
  • Migrain
  • Vertigo
  • Ambeien
  • Amandel
  • Maag
  • Radang usus
  • Asam urat
  • Ginjal
  • Prostat
  • Bronkhitis
  • Stroke
  • Jantung
  • Hepatitis
  • Insomnia
  • Rematik
Selain itu, tanaman umbi ini memiliki khasiat meyembuhkan gangguan kesehatan, seperti sembelit, peluruh air seni, pencahar dan perangsang muntah. Untuk obat sembelit, ambil sebanyak 50 gram bawang sabrang segar, dicuci bersih kemudian diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Air saringan tersebut ditambah dengan setengah gelas air panas. Lalu, diminum sehari 2 kali, pagi dan sore hari, masing-masing seperempat gelas.

Bisa juga dimakan langsung dengan mengukus atau membakarnya sebentar untuk menghilangkan bau yang kurang sedap. Makan 3 kali sehari, sekali makan 2–3 siung. Jangan lupa kupas kulitnya terlebih dahulu.

sumber: anneahira

Source: http://mahkotadewa.net/

Kandungan, Karakteristik dan Manfaat Bawang Bombai

Bawang sebagai salah satu bumbu masakan tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Terlebih bagi orang Indonesia, setiap masakan pasti disertai dengan bumbu yang satu ini. Bentuknya bulat dan berlapis-lapis. Bawang memang bisa sangat bersahabat dengan berbagai jenis hidangan.

Bawang bombai sebagai salah satu jenis bawang selain bawang merah dan bawang putih, memang memiliki karakter yang berbeda dibanding jenis bawang yang lainnya.

Karaktreristik Bawang Bombai

Bawang bombai yang sama bentuknya yakni bulat dan berlapis-lapis, ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jenis bawang yang lain. Jika dikupas, warnanya putih kekuning-kuningan. Disebut bawang bombai karena awalnya jenis bawang yang satu ini ditemukan di dataran India, tepatnya di daerah Bombai.

Bawang bombai memiliki fungsi yang lebih unggul dibanding bawang merah dan bawang putih. Jika dalam setiap masakan kita selalu menggunakan dua jenis bawang yakni bawang merah dan putih sekaligus, lain halnya dengan bawang bombai. Bawang bombai memiliki fungsi dapat mengganti bawang merah dan bawang putih. Itu sebabnya kita temui di masakan Jepang yang kita kenal dengan yakiniku atau teriyaki, hanya menggunakan bawang bombai.

Manfaat Bawang Bombai

Bawang, apa pun jenisnya, baik itu bawang bombai, bawang merah atau bawang putih bukan hanya memiliki fungsi sebagai bumbu masakan semata. Bukan hanya memberi gurih pada masakan saja. Lebih dari itu, bawang memiliki fungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

Bawang bombai sendiri memiliki fungsi sebagai penyehat. Bawang bombai mempunyai khasiat sebagai pencegah kanker, tumor, penurun kadar lemak dalam darah, pencegah penggumpalan darah, menurunkan tekanan darah, juga dapat mencegah leukemia, dan menyembuhkan asma.

Kandungan Bawang Bombai

Kandungan allicin, asam amino, kalsium, mangan, sodium, sulfur, vitamin C, vitamin E, minyak atsiri, quercitin, dan curcumin banyak terdapat dalam tumbuhan dua musim ini. Itu sebabnya bawang bombai memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Bawang bombai memiliki senyawa APDS yang memiliki fungsi menurunkan gula darah sehingga dapat menjadi teman dan penolong bagi penderita diabetes mellitus. Bawang bombai pun memiliki khasiat mencegah osteoporosis, menghentikan pilek dan sakit perut, memperbaiki penyempitan pembuluh darah juga hipertensi, sebagai pencegah pemecahan insulin di hati, dan dapat merangsang produksi insulin di pankreas.

Bawang bombai, tak sekadar bumbu penyedap masakan saja. Kandungan berbagai zat di dalamnya memiliki khasiat ampuh menangani dan mencegah berbagai penyakit ganas.

Itu sebabnya jangan sungkan dan khawatir lagi mengkonsumsi bawang bombai. Tak perlu riskan dengan pendapat yang menyatakan bahwa mengkonsumsi bawang dapat menyebabkan bau badan. Sesungguhnya menghindari konsumsi bawanglah yang dapat menyebabkan penyakit.

Source: http://mahkotadewa.net/

Khasiat - khasiat Bawang Putih

Salah satu jenis bawang selain bawang merah, bawang bombai, adalah bawang putih. Bawang putih sudah menjadi bumbu dalam setiap masakan, dan katanya bawang putih ini merupakan kunci masakan biar jadi tambah mantap. Tapi ga salah kliatane, klo ga pake bawang putih masakan jadi kurang mantap. Balik lagi ke khasiat bawang putih, selain dalam dunia kuliner dalam dunia pengobatan bawang putih juga mempunyai peranan penting. Bawang putih mengandung senyawa alicin, senyawa alicin berkhasiat menghancurkan pembekuan darah dalam ateri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain alicin, bawang putih juga mengandung alil yang berkhasiat memerangi penyakit - penyakit degeneratif dan mengaktifkan sel - sel baru.

Berikut khasiat - khasiat bawang putih untuk kesehatan:

- Mengobati Disentri
Caranya : Kupas 2 siung bawang putih dan cuci bersih, kemudian rebus dengan segelas air dan minum 3 kali sehari sebelum makan selama 2 - 3 hari.

- Mengobati Sakit Maag
Caranya : Kunyah bawang putih laki - laki ( bawang putih yang tumbuh sendiri, tunggal tidak bergerombol ) 3 kali sehari.

-Mengobati Nyeri Haid
Caranya : Kunyah 2 siung bawang putih sambil minum 2 sendok makan air hangat. Dan lakukan 2 kali sehari.

-Mengobati Bronchitis
Caranya : Lumatkan 30 g bawang putih yang telah di kupas kemudian campurkan dengan gula batu dan segelas air hangat. Diamkan selama 5 - 6 jam lalu minum 1 sendok makan setiap hari.

-Mengobati Asma
Caranya : Lumatkan 3 siung bawang putih kemudian beri 1 sendok makan madu dan gula batu yang sudah di cairkan secukupnya. Campurkan semua bahan hingga merata dan minum setiap hari hingga sembuh.

-Mengobati Migrain
Caranya : Kunyah 2 siung bawang putih dan telan sambil minum air hangat, lakukan 3 kali sehari.

-Mengobati Hipertensi
Caranya : Kunyah 2 - 3 siung bawang putih, lalu di telan sambil minum air hangat dan lakukan 3 kali sehari.

-Mengeluarkan Duri, serpihan kaca
Caranya : Lumatkan bawang putih dan tempelkan pada bagian yang terkena serpihan kaca atau duri.

Source: http://mahkotadewa.net/

Khasiat Bawang Merah Untuk Berbagai Penyakit

Khasiat bawang merah sejak lama telah diketahui oleh masyarakat. Bawang merah yang memiliki nama latin Allium cepa L adalah sejenis tanaman yang diguakan sebagai bmbu dalam berbagai jenis masakan Asia ataupun masakan Nusantara. Bawang merah atau yang lebih dikenal dengan nama brambang dalam bahasa jawa ini adalah sejenis tanaman yang hidup pada dataran rendah sampai dengan ketinggian 1500 m dpl. Bagian tanaman yang paling banyak dimanfaatkan adalah bagian umbinya. Bawang merah biasanya diolah dengan menghaluskanya kemudian mencampurnya kedalam masakan atau bisa juga dipotong kemudian digoreng.

Khasiat bawang merah sejak lama telah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti untuk mengobati cacingan, wasir serta untuk menghilangkan mata ikan pada kaki. Selain itu bawang merah juga biasanya digunakan untuk mengolesi tubuh bayi ketika masuk angin ataupun demam. Khasiat bawang merah telah banyak dibuktikan secara empiris, meskipun sebagian besar orang belum mengetahui kandungan dari bawang merah yang membuatnya mampu digunakan sebagai tanaman obat.

Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Bawang merah ternyata bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kronis seperti diabetes militus, wasir, pembunuh bakteri dan anti radang, mencegah TBC dan menyembuhkan radang paru-paru. Khasiat bawang merah juga telah dibuktikan melalui uji klinis maupu cek laboratorium mengenai kandungan yang dimiliki oleh bawang merah. Manfaat bawang merah yang selama ini dikenal hanya sebagai bumbu masakan ternyata memiliki manfaat lain yang luar biasa dalam bidang pengobatan. Bawang merah atau yang lebih dikenal degan brambang juga efektif untuk mengencerkan dahak yang menyebabkan batuk.

Kandungan Bawang Merah

Manfaat bawang merah yang sangat banyak bagi kesehatan ataupun pengobatan disebabkan karena bawang merah memiliki kandungan senyawa seperti Minyak atsiri, sikloaliin, metilaliin, dihidroaliin, flavonglikosida, kuersetin, saponin, peptide, fitohormon, vitamin, zat pati. Saponin adalah salah satu zat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak ketika anda batuk. Sedangkan peptida berfungsi menurunkan kadar gula dalam darah. Kadungan minyak atsiri pada bawang merah berfungsi untuk melancarkan perderan darah dan berbagai manfaat lainya.

Source: http://mahkotadewa.net/

Rahasia Kejantanan Kaisar Cina: Bawang Putih Tunggal

Tentang khasiat bawang putih tunggal, sudah tidak disangsikan lagi. Konon, sejak lama para Kaisar Cina selalu menyimpannya dan mengkonsumsi setiap saat diperlukan. Kegemaran Kaisar Cina mengkonsumsi bawang putih tunggal ini erat kaitannya dengan daya tahan seks, sehingga mampu menggauli para selir-selirnya. Cara mengkonsumsinya dengan diparut lalu diseduh dalam air panas, seperti membuat kopi. Untuk menghilangkan bau tak sedap, bisa dicampurkan dengan gula atau madu.

Namun demikian, ada yang menyarankan kalau bawang putih jangan langsung dikonsumsi dalam keadaan mentah karena bisa menyebabkan iritasi lambung. Solusinya bawang putih bisa digoreng, direbus atau dipanggang sebelum dikonsumsi. Belakangan telah ada pula dan diproduksi dalam skala pabrikan yakni kapsul bawang putih.

Khasiat bawang putih tunggal sebagai penambah stamina, memang telah dikenal sejak ratusan tahun lalu, baik di dataran Cina, Jepang bahkan Mesir. Konon, para pekerja pembuat pyramid di Mesir kunoselalu mengkonsumsi bawang putih –tak disebutkan apakah bawang putih biasa atau bawang putih tunggal– untuk program diet mereka.

Tentang manfaat bawang putih secara umum –tak hanya bawang putih tunggal– berdasakan hasil penelitian Dr. Ir. Ingrid S. Waspodo, MSc, memang tak diragukan lagi. Biang kenapa bawang putih bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh karena mengandung zat Alisin. Zat ini -menurut Dr. Ingris– memiliki kekuatan antibiotic baik untuk melawan baksil, kuman penyebab TBC, disentri dan gonore. Bahkan 1 miligram Alisin sebanding dengan 15 kali unit standar penisilin. Luar biasa memang. Kandungan B1 yang terdapat dalam bawang putih juga sebagai alasan kenapa bawang putih bermanfaat menambah stamina.

Khasiat bawang putih tunggal Secara kimiawi dalam 100 gram bawang putih mengandung protein sebesar 4,5 gram, vitamin B1 0,22 miligram, vitamin C 15 miligram, kalsium 42 miligram, Posfor 134 miligram, besi 1 miligram, air 71 gram, lemak 0,20 gram, kalori 95 kalori.

Dengan kandungan kimia di atas ditambah kandungan minyak dan beberapa enzim bermanfaat, bawang putih semamin mengukuhkan tentang manfaat bawang putih selain sebagai bumbu masak. Bawang putih yang dikembangbiakan melalui umbinya ini, bisa tumbuh subur di daerah dataran tinggi dengan iklim sejuk tapi kering. Tanah gembur yang mengandung endapan dan tanah liat, merupakan media paling cocok untuk membudidayakan bawang putih ini.

Selain untuk menambah stamina dan daya seksual seseorang, dengan rutin mengkonsumsi bawang putih, beberapa penyakit dapat disembuhkan seperti asma, batuk, masuk angin, sakit kepala, darah tinggi, ambeien, luka benda tajam, digigit serangga, sulit tidur dan sakit kuning.

Untuk mengatasi penyakit asma, masuk angin dan batuk, caranya dengan mengupas 3 siung bawang putih, cuci dan lumatkan. Tambahkan madu 1 sendok makan atau gula batu yang dicairkan. Aduk semua bahan sampai rata, dan diminum setiap pagi hari sampai sembuh.

Cara mengatasi sakit kepala dengan bawang putih ini adalah melumatkan satu siung bawang putih, tempel pada dahi. Sementara untuk darah tinggi, Anda tinggal mengunyah 2-3 siung bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Kalau tidak kuat dengan aroma menyengatnya, bawang putih bisa dibakar sampai matang.

Bawang putih juga dapat mengatasi penyakit ambeien. Caranya dengan memeras satu siung bawang putih. Air perasannya dioleskan langsung ke daerah sekitar dubur. Lakukan setiap hari. Begitu pula bawang putih ini manjur juga untuk mengatas luka akibat benda tajam. Caranya adalah dengan cara mengupas bawang putih, cuci, bakar dan celupkan ke dalam minyak kelapa, lalu lumatkan. Rajangan bawang putih ini dioleskan pada bagian yang terluka.

Source: http://mahkotadewa.net/